Artikel Bebas

Suka-suka penulis :P

Berita Perpustakaan

Berita yang berhubungan dengan perpustakaan

Ilmu Perpustakaan

Hal-hal berkaitan Ilmu Perpustakaan (klasifikasi, katalogisasi, dll.)

Islami

Hal-hal berkaitan dunia keislaman

Teknologi Informasi

Otomasi, Software, Perpus Digital, dll.

Tidak Terkategori

Home » Teknologi Informasi

Teknologi Informasi Untuk Perpustakaan Sekolah

Submitted by on 2 April 2013 – 15.26No Comment

Teknologi Informasi untuk Perpustakaan Sekolah

oleh: Sholihul Hadi

hadhie@pustakawan.org

(2012)

Sekilas Perpustakaan Sekolah

Keberadaan perpustakaan pada rata-rata sekolah saat ini masih sangat memprihatinkan. Tidak hanya dari segi fisiknya (gedung dan ruangan), tetapi juga dari segi sistem pengolahannya, sumber daya manusia, koleksi, dan alat/perlengkapan fisik yang lain. Ada sebagian kecil perpustakaan sekolah yang kondisinya cukup baik, tetapi tetap saja belum terintegrasi dengan kegiatan belajar mengajar.

Dilihat dari aspek koleksinya, banyak perpustakaan sekolah yang hanya memiliki buku paket bidang studi saja, sedangkan koleksi lain yang berorientasi pada aspek rekreatif (kultural) sangat kurang, bahkan sering tidak ada. Padahal, koleksi penunjang seperti buku-buku fiksi sangat penting, khususnya untuk meningkatkan daya imajinasi, dan menumbuhkan motivasi membaca.

Lebih ironisnya lagi, ada sementara dari kalangan pendidik (guru) yang masih berpendapat bahwa tanpa perpustakaan sekolah, proses belajar mengajar dapat berjalan lancar. Mereka kurang berupaya agar anak didik mempunyai kultur baca sehingga dapat memperlancar dan mempercepat peningkatan kualitas sumber daya manusia di masa yang akan datang.

Kendala yang dihadapi oleh banyak perpustakaan sekolah antara lain :

  1. Tidak memiliki pustakawan (tenaga pengelola tetap).
  2. Dana yang dialokasikan untuk pembinaan dan pengembangan perpustakaan sangat terbatas.
  3. Banyak sekolah yang tidak mempunyai ruangan khusus untuk perpustakaan.

 

Sebelum kendala-kendala tersebut dapat diatasi, maka fungsi perpustakan sekolah tidak akan dapat terpenuhi. Padahal, perpustakaan sekolah tidak boleh menyimpang dari tugas dan tujuan sekolah sebagai lembaga induknya. Beberapa fungsi perpustakaan sekolah antara lain:

  • Sebagai sumber bahan kegiatan belajar mengajar.
  • Membantu peserta didik memperjelas dan memperluas pengetahuan pada setiap bidang studi.
  • Mengembangkan minat dan budaya membaca yang menuju kebiasaan belajar mandiri.
  • Membantu anak untuk mengembangkan bakat, minat, dan kegemarannya.
  • Perpustakaan sekolah memperluas kesempatan belajar bagi peserta didik.
  • Perpustakaan sekolah merupakan tempat memperoleh bahan rekreasi sehat melalui buku-buku bacaan.

 

Model Penggunaan Teknologi Informasi di Perpustakaan Tingkat Sekolah Menengah Atas

Perpustakaan sebagai lembaga yang berperan dalam pengumpulan, pengolahan dan pendistribusian informasi, mau tidak mau harus berhadapan dengan Teknologi Informasi (TI). Dengan bantuan teknologi informasi maka beberapa pekerjaan manual dapat dipercepat dan diefisienkan. Selain itu proses pengolahan data koleksi menjadi lebih akurat dan cepat untuk ditelusur kembali. Dengan demikian para pustakawan dapat menggunakan waktu lebihnya untuk mengurusi pengembangan perpustakaan karena beberapa pekerjaan yang bersifat berulang (repetable) sudah diambil alih oleh komputer.

Konsep perpustakaan yang dekat dengan pengguna atau “user friendly” dengan sentuhan Teknologi Informasi menjadi sebuah yang pilihan tepat untuk perpustakaan di sekolah setingkat SMA. Penerapan teknologi informasi di perpustakan juga dapat mengurangi kebutuhan terhadap bahan cetak pada tingkat lokal, penggunaannya akan meningkatkan akses elektronik, dan nilai jangka panjang akan mengurangi biaya berkaitan dengan pemeliharaan dan penyampaiannya.

Sebetulnya ketika berbicara mengenai penerapan Teknologi Informasi (TI) dalam perpustakaan atau khususnya layanan perpustakaan akan berbicara juga mengenai transformasi perpustakaan tradisional yang berbasis koleksi cetak (hard copy) menuju perpustakaan digital, perpustakaan elektronik, atau perpustakaan virtual. Namun berdasarkan pengamatan penulis dari sekian banyak konsep yang berkembang tersebut sebetulnya saat ini konsep yang cukup pas untuk dikembangkan di perpustakaan setingkat SMA adalah apa yang dinamakan dengan Perpustakaan Hibrida (the hybrid library).

Perpustakaan Hibrida adalah perpaduan antara “perpustakaan-baru” berbasis informasi elektronik dengan perpustakaan tradisional yang berbasis informasi cetak (hard copy). Keberadaan keduanya saling berdampingan dan terintegrasi dalam memberikan layanan informasi. Akses lewat pintu gerbang elektronik yang tersedia pada kedua belah pihak, sebagaimana layaknya perpustakaan tradisional dan terhubung lewat internet atau jaringan komputer lokal. Perpustakaan hibrida beda dengan tipe perpustakaan yang tersedia pada situs website. Di satu sisi informasi dalam bentuk cetak tetap dipertahankan dan berdampingan dengan sumber informasi elektronik.

 

Penerapan Teknologi Informasi Untuk Kegiatan Pelayanan Perpustakaan Sekolah

Kegiatan pelayanan perpustakaan dapat dilihat dari dua sisi, yaitu dari sisi penyedia layanan dan dari sisi pemakai layanan. Pada kedua sisi dibahas pemanfaatan teknologi informasi untuk mendukung tiap kegiatan.

Dari sisi penyedia layanan, pemanfaatan kemajuan teknologi informasi untuk mendukung kegiatan pelayanan perpustakaan meliputi:

  1. a. Pengadaan bahan pustaka: pembelian, pelangganan, pencarian / pengumpulan

Pencarian informasi pustaka yang dijual oleh penerbit di dunia dapat dilakukan lewat akses internet; demikian juga, pemesanan maupun pembelian/pembayarannya dapat dilakukan lewat internet.

  1. Penyiapan pustaka: antara lain, pemberian label dan katalogisasi

Penyiapan pustaka dapat lebih lancar dan terintegrasi dengan memanfaatkan perangkat lunak umum (olah kata dan olah angka) maupun dengan perangkat lunak yang khusus dibuat untuk mendukung pengolahan pustaka.

  1. Pemberian layanan

Pemberiam layanan sirkulasi dan pencarian pustaka dapat didukung oleh suatu sistem informasi yang khusus dibuat untuk itu.

  1. Pemeliharaan pustaka

Penyimpanan pustaka dari bentuk buku ke dalam media berupa CD dapat dilakukan dengan teknologi komputer.

Dalam era informasi, perpustakaan perlu mempunyai ruang-ruang komputer yang dilengkapi dengan jaringan komunikasi data (LAN dan akses internet) serta CD-ROM berisi informasi pustaka.

Dari sisi pengguna layanan, kemajuan teknologi informasi perlu dimanfaatkan untuk mendukung beberapa kegiatan sebagai berikut:

  1. Pencarian pustaka lewat katalog dapat dilakukan dengan bantuan suatu sistem informasi perpustakaan.
  2. Pembacaan/pemanfaatan pustaka (di ruang perpustakaan) tidak hanya dilakukan terhadap media cetak tetapi juga terhadap media elektronis (CD-ROM), flasdisk, hardisk) dengan bantuan sistem komputer dan teknologi komunikasi data. Dengan memanfaatkan akses jarak jauh (LAN, WAN, Internet), pengguna layanan perpustakaan tidak harus berada dibangunan perpustakaan, tapi dapat berada dimanapun untuk membaca/memanfaatkan layanan perpustakaan (situasi ini biasa disebut sebagai virtual library- lihat Smith dkk, 1995).
  3. Peminjaman pustaka di era informasi tidak lagi dibatasi oleh koleksi perpustakaan setempat, tapi mendunia karena pustaka berupa berkas elektronis.

 

Untuk menyalin isi pustaka elektronis (CD-ROM, berkas internet) dapat dilakukan dengan mengkopinya ke flasdisk milik pengguna. Seringkali pengguna layanan juga melakukan kegiatan menyalin isi pustaka fisik dengan cara menulis di buku catatannya atau mengfotokopi isi pustaka. Maka dari itu hendaknya disediakan layanan foto copy di dalam perpustakaan.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Qalyubi, Syihabuddin. Dkk. 2007. Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Fakultas Adab UIN Sunan Kalijaga.

Kosasih, Aa. 2009. Otomasi Perpustakaan Sekolah. http://library.um.ac.id/images/stories/pustakawan/karsasih/Otomasi Perpustakaan Sekolah.pdf diakses pada tanggal 7 November 2010 pukul 14:15 WIB

Wahono, Romi Satria. 2006. Teknologi Informasi Untuk Perpustakaan: Perpustakaan Digital dan Sistem Otomasi Perpustakaan. http://ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2006/09/romi-otomasiperpustakaan-15september2006.pdf diakses pada tanggal 27 November 2010 pukul 14:25 WIB.

Oktariyani, Aisya Gulita. 2007. Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi Dalam Dunia Perpustakaan Sekolah. http://www.lib.itb.ac.id/~mahmudin/makalah/materi-depag07/teknologi informasi/pendidikan-IT-sekolah.pdf diakses pada tanggal 7 November 2010 pukul 14:40 WIB

 

Leave a comment!

You must be logged in to post a comment.